Bab III

PENDIDIKAN, KESETARAAN DAN MASYARAKAT

Pendahuluan

Dalam bab-bab sebelumnya faktor sosial-ekonomi belum dibahas secara rinci, padahal faktor ini sangat penting dan selalu mendominasi perdebatan mengenai kesetaraan dalam pendidikan. Maka, dalam bab ini akan dipaparkan kaitan antara faktor sosial-ekonomi dan pendidikan.

Sebelum mengulas sejauh mana pengaruh sosial-ekonomi dalam pendidikan, bab ini akan mempertahankan seleksi dalam pendidikan terhadap kritikan kaum egalitaraian. Tema ini akan dibahas dalam sub pokok yang pertama. Sub pokok yang kedua akan memaparkan kekeliruan kaum egalitarian yang menuntut kesempatan yang setara untuk memperoleh pendidikan. Selanjutnya, sub pokok ketiga akan memperlihatkan kesalahan kaum egalitarian yang menuduh bahwa seleksi dalam pendidikan hanya menguntungkan siswa dari masyarakat kelas menengah saja. Pada sub pokok terakhir kembali dipaparkan kekeliruan kaum egalitarian yang menekankan pembauran sosial di lingkungan sekolah. Mereka beranggapan bahwa sekolah adalah cikal-bakal masyarakat yang harmonis.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: